Skip to main content

Pengalaman Tes dan Psikotes BPJS Ketenagakerjaan





Tes bpjs tenaga kerja
Pengalaman Tes BPJS Ketenagakerjaan
Halo sobiwan-sobiwati pembaca setia BukanBerkilah! Udah lama banget gw gak posting di blog tercinta kita bersama ini. Maklum, lagi jadi sok sibuk aja ngoahaha. Oke, pada kesempatan comeback gw kali ini gw mau berbagi pengalaman gw ikutan tes  BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) tahun 2017 ini sob. Tepatnya sih sekitar pertengahan februari hingga awal maret 2017 dibuka pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan banyak lowongan, ketika itu gw salah satu orang yang tidak mau melewatkan peluang ini sob. Tanpa pikir lama-lama langsung aja gw apply lewat web resminya . Untuk melamar lewat online, harus register dulu mengisi banyak sekali informasi diri termasuk status jomblo. Kemudian sampai lah ke menu lowongan. Gw memilih posisi Penata Madya Umum. Alasannya sih sederhana sob,


posisi penata madya umum alias PMU itu dibuka untuk segala jurusan dan minimal pendidikan adalah D3 walaupun gw sendiri sebenernya lulusan S1 Sastra Inggris. Buat yang ragu-ragu atau ngerasa salah jurusan karena ambil Sastra Inggris, kalian bisa baca coretan sederhana ala BukanBerkilah pada postingan beberapa waktu lalu di sini.

Selesai daftar online dan lengkapin data diri yang gw lakuin ya menunggu pengumuman sekalian menunggu kekasih hati. Singkat cerita, pengumuman itu tiba (jeng…jeng…jeng..jrenggggg). Gw lolos seleksi administrasi sob! Alhamdulillah. Tahap selanjutnya gw ikutan tes online sob. Tanggalnya gw lupa tepatnya, soalnya gw ikutan 2x tes online. Kenapa 2x? Karena servernya down pas tes yang pertama dan dikabari kalau gw dapat reschedule jadwal tes online. Pada tes online ini sih sebenernya sederhana kok soalnya. Soalnya seinget gw ada 3 jenis, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), matematika dasar dan pertanyaan tentang diri kalian sendiri sob (semacem tes psikologi gitu lah). Waktu pengerjaannya singkat, jadi harus cepat dan responsive sob.  Selang beberapa minggu kemudian munculah pengumuman yang menyatakan gw lolos tes online ini sob! Alhamdulillah.

Tahap selanjutnya adalah Confirmatory Test (CT). Persyaratan yang kudu dibawa pada saat melakukan Confirmatory Test ini antara lain Kartu Peserta, CV, KTP, SKCK, Ijazah + Transkrip, serta surat keterangan bebas narkoba sob. Jeda waktu yang ada antara pengumuman dinyatakan lolos untuk mengikuti tes ini dan penyelenggaraannya itu mepet banget sob. Masih inget gw waku itu dapet email notifikasi yang menyatakan gw lolos Tes Online untuk ikutan Confirmatory Test (CT) ini tanggal 11 Mei 2017 dan Tes CT sendiri dilaksanakan tanggal 16 Mei 2017! Gw masih belum punya SKCK dan Surat Keterangan Bebas Narkoba pun kocar kacir sob. Nanti akan gw ceritakan sendiri di postingan lain soal Pengalaman Membuat SKCK dan Surat Keterangan BebasNarkoba (SKBN). Oke balik lagi ke Confirmatory Test (CT) sob. Gw ikutan tes lokasi di Jogja. Tepatnya di gedung Mandala Bhakti Wanitatama. Lokasinya ada di jalan Laksda Adi Sucipto yang gedungnya tepat berada di sebelah barat UIN Sunan Kalijaga. 

tes bpjs tenaga kerja di jogja
Lokasi Tes BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta

Gw dapet jadwal jam 7 pagi. Pas jam 06.45 gw nyampe lokasi, ramai banget! Ada sekitar 500an kursi kayaknya di dalam ruangan tes dan itu ada 3 gelombang lho sob. Kebayang kan banyaknya saingan gw. Mungkin inilah yang bisa gw sebut sebagai Komunitas Pencari Kerja Indonesia wkwkwk. Setelah registrasi, gw pun masuk ruangan dan diberikan beberapa pengarahan oleh panitia. CT ini gak lama tes nya, kisaran waktunya ya sekitar 50 menit. Selama 50 Menit itu bergelut dengan soal Tes Potensi Akademik (TPA) dan matematika dasar sob. Pada tes ini tidak ada pengurangan nilai sob. Jadi ya sebisa mungkin diisi sebanyak dan semaksimal mungkin. Pengumuman hasil Confirmatory Test ini “kata panitianya sih pada malam hari langsung” tetapi faktanya pengumuman baru ada esok pagi hari sob. Kalau dinyatakan lolos CT maka akan langsung ikut Psikotes pada hari selanjutnya sob. Jadi, jam 5 pagi gw dapet notif gw lolos, gw langsung mandi, makan dan langsung cus berangkat lagi ke lokasi tes di Mandala Bhakti Wanitatama sob. Gw kebagian jatah tes gelombang pertama di jam 8 pagi.

tes konfirmatori bpjs tenaga kerja
Pengarahan Panitia Sebelum Confirmatory Test


Seperti hari pada Confirmatory Test, pada Psikotes ini lautan manusia “yang tersisa” untuk bersaing masih banyak sob. Tapi ya bodo amat, intinya usaha dulu, rejeki itu urusan Allah, betoel? Waktu yang disediakan untuk Psikotes ini sekitar 4 jam sob. Seinget gw tes dimulai pukul 8.30 dan selesai jam 12.30. Soal yang disajikan pada Psikotes ini ada tes Koran/tes Pauli, tes psikologis (ini termasuk deskripsikan kelebihan dan kekurangan yang kita punya), lalu ada pertanyaan kenapa kita ingin bekerja di BPJS Ketenaga kerjaan, dan pastinya ada tes gambar orang, pohon dan wartegg test. Buat sobiwan-sobiwati pembaca BukanBerkilah yang belum tau apa itu wartegg test, gw jelasin nih, jadi pada wartegg tes ini kita diharuskan menggambar dengan melanjutkan apa yang sudah ada pada kertas. Misal ada titik atau garis, dan itu kita menggambar dengan melanjutkan titik/garis tersebut sob.

psikotes bpjs tenaga kerja wilayah jogja
Para Pejuang Pelamar Kerja BPJS Ketenagakerjaan


Skip punya skip, pengumuman Psikotes pun muncul pada dini hari ke esokan harinya. Jreng…jreng…jrenggggg….. Gw kagak lolos sob! Jadi gw gak bisa ikutan tahap tes wawancara. Tapi tetep kudu bersyukur. Intinya manusia itu wajib usaha dan selebihnya rejeki biar Allah yang atur. Setuju? Sekedar informasi nih sob, buat kalian yang berencana mengikuti tes BPJS sebaiknya kalian persiapan tinggal di lokasi tes selama sekitar 4 hari (dengan asumsi lolos sapai tahap Forum Group Discussion dan Wawancara). Berdasarkan pengalaman yang udah BukanBerkilah bagikan di atas kita sama-sama tahu kan kalau pengumuman antara tes pertama dengan tes-tes selanjutnya yang mana tes selanjutnya adalah berada pada hari berikutnya setelah tes sebelumnya (jangan bingung sama kalimat ini yak! ngoahahaha).

Oke sob, cukup segini dulu postingan BukanBerkilah tentang Pengalaman Tes  BPJS Ketenagakerjaan kali ini. Kalau sobiwan-sobiwati punya pertanyaan atau punya pengalaman yang sama, kalian bisa tinggalkan komentar kalian ya sob. Untuk kalian yang belum tahu susah gampangnya membuat SKCK kalian bisa simak postingan gw tentang Pengalaman Membuat SKCK di sini. Sedangkan untuk kalian yang ingin mengetahui Cara Membuat SKBN dengan Mudah bisa kalian baca di sini.

Semoga Bermanfaat!


Comments

Populer

Pengalaman Beli Tiket Kereta Api Go Show

Pengalaman Beli Tiket Kereta Api Go Show Pada masa sekarang setujukah sobiwan-sobiwati dengan pendapat BukanBerkilah bahwa kemajuan era transportasi Indonesia sudah terbilang sangat pesat? Menurut BukanBerkilah , semua jenis transportasi baik darat, laut dan udara sudah mengutamakan kenyamanan para penumpangnya. Terutama kemajuan pelayanan pada transportasi darat berjenis Kereta Api. Sobiwan-sobiwati inget kan jaman dulu kalau kita ingin bepergian menggunakan kereta api kita harus membeli tiket melalui reservasi tiket di stasiun terdekat. Nah, sekarang, di jaman yang serba online, PT KAI selaku pengelola Kereta Api di Indonesia pun juga mempermudah akses bagi penumpangnya lho sob. Yap! Sekarang, kita bisa melakukan reservasi tiket secara online, baik itu menggunakan aplikasi KAI Access pada smartphone, melalu website KAI ataupun melalui aplikasi seperti tiket.com. Selain peningkatan pelayanan dari reservasi tiket kereta api yang sudah online, PT KAI juga melakukan terobosa

Alternative Penggunaan Kata "Very"

Alternatif Kata Very Dalam menggunakan bahasa Inggris cukup banyak terdapat kesalahan yang dianggap wajar oleh sebagian orang. Tetapi, tahukah sobiwan-sobiwati BukanBerkilah bahwa kesalahan yang dianggap wajar oleh masyarakat sebenarnya bisa menjadi sebuah alternative dalam berbahasa. Dan alangkah baiknya kita mengetahui kebenaran dalam berbahasa Inggris itu sendiri agar ketika suatu saat sobiwan-sobiwati berkomunikasi dengan para bule, kalian dapat berkomunikasi dengan benar. Dalam potingan kali ini, gw mau berbagi pengetahuan tentang alternative dalam penggunaan kata “very” dalam berbahasa Inggris. Kenapa gw sebut alternative? Karena ada kata yang lebih layak digunakan, terutama untuk kasus-kasus yang dianggap formal, khususnya penulisan artikel ilmiah, atau bisa juga SKRIPSI kalian. Sobiwan-sobiwati pernah nggak sih menggunakan kata “very” dalam kalimat?

Pengalaman Mengirim Dokumen Berharga Via Tiki

Jasa Pengiriman TIKI Kirim barang lewat jasa pengiriman? Sepertinya hampir semua sobiwan-sobiwati sudah pernah melakukannya. Sekarang jasa pengiriman di Indonesia sudah sangat banyak lho. Tinggal pilih aja mau pakai jasa pengiriman yang mana. Mau Pos, Tiki, JNE ataupun yang lainnya sama saja sih kalo menurut gw. Tetapi, apakah sobiwan-sobiwati ada yang pernah mengirimkan dokumen berharga/surat berharga melalui jasa pengiriman? Kali ini BukanBerkilah mau berbagi pengalaman pertama gw soal pengiriman dokumen berharga melalui Tiki sob. Yuk simak coretan singkat berikut ini.

Cewek "Matre"?

Cewek Matre Memikat hati wanita? Yap! Kebanyakan kaum pria mulai banyak mengeluhkan susahnya memikat hati wanita yang katanya semakin sekarang semakin matre. Lalu ada juga yang bilang kalo sifat matre pun merupakan hal yang alamiah bagi para wanita. Nah, menurut sobiwan-sobiwati gimana nih? Yang setuju matre itu sifatnya cewek mana suaranyaaaaa! Yang setuju cewek cuma suka sama cowok kaya mana suaranyaaaaa! Yosh, kali ini BukanBerkilah akan mencoba mengulas tentang cewek matre yang mana, katanya kebanyakan orang, sekarang sudah semakin bertambah populasinya (wkwkw) . Langsung aja simak coretan singkat tentang sudut pandang BukanBerkilah berikut ini sobiwan-sobiwati.

Tips Mudah Tentukan Jurusan Kuliah

Tentukan Jurusan Kuliah dengan Mudah Wah, sebentar lagi SNMPTN dan SBMPTN nih. Sobiwan-sobiwati yang lagi kelas 3 alias kelas 12 SMA sudah punya rencana mau ngapain setelah lulus? Mau lanjut kuliah? Sudah tau mau kuliah dimana dan jurusan apa? Kalau masih bingung, kali ini BukanBerkilah akan berbagi tips memilih tempat kuliah dan jurusan. Sepengamatan gw, cukup banyak kok yang galau dan bingung mau kiliah apa dan dimana setelah mereka melepas status lulus dari jomblo SMA. Padahal, perlu sobiwan-sobiwati tahu nih, pemilihan tempat dan jurusan menentukan sekitar 50% kesuksesan masa depan, jangan sampai salah memilih dan akhirnya gagal dalam menimba ilmu. Kenapa kok hanya 50%? Karena 50% yang lain adalah kembali lagi ke usaha sobiwan-sobiwati dalam menjalani masa depan kalian. Oke, langsung saja disimak tips memilih tempat kuliah versi BukanBerkilah yang singkat ini: