Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Ms. Word |
Daftar isi merupakan hal penting dalam suatu buku, makalah, bahkan skripsi lho sob. Kebanyakan dari masyarakat awam bahkan masih membuat daftar isi secara manual. Nah, pada kesempatan ini BukanBerkilah bakal berbagi tips dan cara mudah membuat daftar isi otomatis di microsoft word. Ibarat kata, ada yang otomatis kenapa masih manual, ada yang mudah kenapa dipersulit, kalau bisa dipercepat kenapa diperlama. Nah buat sobiwan-sobiwati pembaca BukanBerkilah langsung aja simak caranya berikut ini.
Ya, langkah pertama yang harus sobiwan-sobiwati lakukan adalah menentukan judul. Gak lucu kan kalau mau ngebuat daftar isi tapi judulnya aja belum tau atau malah belum diketik? Singkatnya, sobiwan-sobiwati blok teks judul/subjudul yang udah dibuat. Lalu klik Heading 1 pada bar Home.
Langkah 1 |
Untuk Judul, selalu pilih Heading 1. Untuk Sub judul gunakan Heading 2. Untuk Sub-sub judul pilih Heading 3.
2. Membuat Daftar Isi
Nah, langkah selanjutnya yang perlu sobiwan-sobiwati lakukan tentu saja membuat daftar isi. Secepat itu? Yap! Oke, sekarang sobiwan-sobiwati pilih area kosong yang bakal dijadiin daftar isi, biasanya sih kebanyakan di halaman awal-awal. Lalu kalian klik Reference pada bar Ms. Word Kalian > Table of Content > pilih Automatic Table 1 atau Automatic Table 2, karena kalau sobiwan-sobiwati pilih Manual, ya sama aja usaha kita tadi sia-sia alias sama aja dengan menghabiskan waktu.
Langkah 2 |
Tadaa....daftar isi kalian sudah muncul
Langkah 3 |
Nah, kalau sobiwan-sobiwati ingin melakukan update daftar isi, kalian tinggal klik saja daftar isi kalian lalu pilih update table. Ingat, jangan pernah melakukan update manual dengan mengetiknya di daftar isi secara langsung karena akan sia-sia saja pengorbanan yang sudah kalian lakukan di awal. Lakukan update melalui judul atau subjudul terlebih dahulu dengan memilih Heading 1, Heading 2 ataupun Heading 3 barulah kalian gunakan update table pada daftar isi kalian.
Semoga Bermanfaat!!
Comments
Post a Comment